Akhirnya Windows 10 Bisa di Prosesor ARM


Selasa, 30 Mei 2017

Dahulu kita sering melihat di youtube bahwa windows 10 desktop bisa berjalan di smartphone alias prosesor ARM seperti Mediatek, Qualcomm dan sejenisnya, walaupun hal tersebut kebanyakan hoax tapi akhirnya microsoft berhasil membuat sebuah revolusi.

Di kutip dari winpoin.com bahwa produk tersebut di namakan “Cellular PCs”. Jutaan baris kode dari arsitektur x86 telah berhasil dirubah sehingga berjalan di arsitektur ARM. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa. Sebagai bukti, dalam event tersebut Microsoft melakukan demo menjalankan full Windows 10 yang ditenagai Snapdragon 820, prosesor ARM yang seringkali menjadi otak dari sebuah smartphone. Dalam demo tersebut, perangkat misterius itu menjalankan full Adobe Photoshop untuk desktop dan begitupula Microsoft Office. Tidak hanya berhenti disana, mereka juga menjalankan demo sebuah game MMOG World of Tanks. Iya, semuanya hanya ditenagai oleh prosesor ARM.

Membawa prosesor mobile dan berukuran kompak, tentunya harus mendukung data selular bukan? Yap, begitupula dengan hal ini. Windows 10 kali ini akan mendukung data seluler melalui kartu SIM. Sehingga sangat memungkinkan jika kedepannya membeli berbagai aplikasi desktop bisa dilakukan dengan potong pulsa melalui Windows Store.

 

Perangkat baru Microsoft ini nampaknya akan hadir dengan full Windows 10 dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 835 yang diperkirakan dirilis tahun depan. Snapdragon 835 dipilih karena dinilai paling optimal untuk menjalankan Windows 10, dibandingkan seri 82x yang tentunya tergolong kurang pas untuk perangkat tahun 2017. Perangkat ini akan hadir dengan touch, pen dan Windows Hello. Windows 10 terbaru ini akan tersedia baik untuk kalangan konsumen maupun enterprise.

Apakah ini merupakan gambaran awal dari Surface Phone? Bisa iya bisa tidak. Bisa iya karena Windows 10 ini berjalan di prosesor ARM dan didukung kartu SIM, sebuah ciri-ciri yang smartphone banget. Dan jika hadir melalui Surface Phone tentu experience PC dengan full Windows PC yang bisa menjalankan aplikasi ini bakal bisa dinikmati melalui fitur Contiuum.

Namun bisa juga tidak karena struktur desain yang pas untuk perangkat ini belum diuji. (Distribusi panas, daya tahan batrai dsb). Kemungkinan yang jelas, akan hadir berbagai tablet, Ultrabook, dan 2-in-1 murah berbasis ARM dengan sistem operasi full Windows 10. Namun apapun form factornya, ini adalah sebuah revolusi. Dunia sistem operasi mobile akan kembali berguncang setelah terakhir kali diguncang oleh hadirnya iOS dan Android. Sepertinya microsoft harus terus melakukan banyak penemuan mengingat sekarang google alias robot hijau giat melakukan banyak pembaruan pada sistem operasinya.