Desa Banyumulek (Sentra Kerajinan Gerabah)


Rabu, 16 Agustus 2017

PAKET LIBURAN LOMBOK – Sebuah desa yang berlokasi di pulau lombok yang cukup terkenal karena cukup banyak menghasilkan nilai kerajinan. Tak lain daerah tersebut adalah desa Banyumulek. Saat musim penghujan tiba, kampung ini sering dilanda banjir dan airnya selalu berputar-putar. Konon menurut warga setempat, karena airnya selalu berputar, maka masyarakat sekitar memberi nama Banyumulek. ‘Banyu’ artinya air, ‘mulek’ berarti berputar. Itu adalah 1 cerita dari beberapa cerita mengenai sejarah penamaan desa Banyumulek.

Untuk pengrajin gerabah rata-rata di lakukan oleh perempuan. Sementara kaum laki-laki bertugas mencari tanah liat dan membakar gerabah. Tanah liat sangat berlimpah di Lombok dan diperoleh di Gunung Sasak. Tanah liat yang diambil dari Gunung Sasak itu dikeringkan lalu diinjak-injak agar halus. Kemudian, tanah dicampur dengan pasir kemudian disaring. Jika sudah cukup halus, tanah liat itu dicampur air secukupnya kemudian dipakai sebagai bahan dasar membuat gerabah.

gerabahlombok.com

Di sana wisatawan asing juga dapat melihat proses pembuatannya, mungkin bagi para wisatawan mancanegara tentunya di negara maju hal tersebut adalah momen yang berkesan, beda cerita dengan kita-kita warga Indonesia terlebih lagi yang sudah tua, hehe.

Nikmati paket liburan lombok termurah dari kami

Berlokasi di Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, desa ini terletak 14 kilometer dari Mataram, dengan luas wilayah 2,43 km2, dengan jumlah penduduk sekitar 10.139 jiwa. Sektor industri merupakan potensi yang dapat digali dan dikembangkan, namun masih bersekala rumah tangga dan sedang, tercatat 2.516 industri rumah tangga dan 11 industri sedang di Banyumulek. Umumnya, penduduk bergerak di bidang industri kerajinan Gerabah berbahan dasar Tanah Liat dan Industri Pembibitan Bunga dan Buah-buahan. Banyumulek juga dipilih oleh pemerintah setempat sebagai lokasi untuk pengembangan sistem inovasi daerah.

Gerabah yang mereka hasilkan tidak semata sebagai hiasan, namun dapat pula dipakai sebagai perabot rumah tangga seperti satu set gelas beserta nampan dan ceret, piring, asbak, tempat lilin, kap lampu, celengan bahkan gentong, vas bunga dan seperangkat meja kursi, yang kesemuanya dibuat tanpa sentuhan teknologi canggih berbahan dasar tanah liat dan rata-rata keahlian mereka adalah hasil dari otodidak yang di pelajari secara turun-menurun dari generasi ke generasi, dan nyatanya hasil karya mereka kini diakui dunia dengan menembus pasar internasional, seperti Malaysia, Singapura, Australia, Amerika, dan beberapa negara di Eropa. Masih banyak jenis model kerajinan tangan lain yang belum kami sebutkan mengingat banyaknya produk yang mereka hasilkan.

lombok.panduanwisata.id

Kelebihan tembikar yang dihasilkan Desa Banyumelek tidak hanya pada bentuk yang beragam. Warna yang dihasilkan pun sangat indah dan memiliki ciri tersendiri. Dua hal inilah yang menggoda para pengunjung untuk menjadikan tembikar Desa Banyumelek sebagai buah tangan. Harga sebuah tembikar ditentukan oleh kerumitan desain serta lamanya proses pembuatan. Biasanya, sebuah tembikar dijual dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Oh ya, apabila anda mampir ke desa Banyumulek, jangan lupa untuk membeli Kendi Maling atau minimal melihat barangnya secara langsung, karena produk tersebut cukup unik. Mau liburan ke lombok ? hubungi lombok liburanku aja.