E-Sim = Smartphone Tanpa Sim Card Konvensional


Sabtu, 14 Oktober 2017

PAKET LIBURAN LOMBOK – Teknologi di jaman sekarang terus berkembang, kali ini saya akan membahasa teknologi yang masih segar untuk tanah air, yaitu E-SIM. Teknologi ini memungkinkan pemilik gadget menggunakan HP selayaknya tanpa membeli kartu perdana, karena di HP tersebut sudah tertanam simcard, konsepnya mirip dengan CDMA unlock.

halal tourism indonesia

wisata lombok murah

Di kutip dari inet.detik.com bahwa smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL menyematkan teknologi E-SIM pada perangkatnya. Mereka menamakan Project Fi yang merupakan hasil kerja sama Google dengan operator Sprint dan T-Mobile di Amerika Serikat.

“Ini adalah ponsel pertama yang dibangun dengan e-SIM, sebuah kartu SIM yang tertanam yang memungkinkan Anda terhubung langsung ke jaringan operator dengan menekan tombol,” ungkap Joy Xi selaku Product Manager for Project Fi yang dikutip detikINET dari blog Google, Kamis (5/10/2017).

rent car lombok

paket tour gili trawangan

Kelebihan dari e-SIM ini tak hanya bentuknya yang jadi elektronik, melainkan juga koneksinya yang diklaim lebih gesit. Xi menyebutkan layanan nirkabel memanfaatkan e-SIM itu secepat menghubungkan telepon ke WiFi.

Untuk menggunakan e-SIM di Pixel 2 dan Pixel 2 XL, pengguna harus terhubung ke jaringan Project Fi yang bisa dibeli di Google Store atau Project Fi. Setelah menjadi pelanggan Project Fi, cukup jalankan perangkat Pixel 2 atau Pixel 2 XL. Bila ada perintah memasukkan kartu SIM, cukup pilih tombol untuk pengaturan tanpa kartu SIM.

travel agent lombok

paket trekking rinjani

Namun karena ini adalah teknologi baru, di mana operator seluler di berbagai negara belum beralih ke teknologi e-SIM, tentu dapat menjadi batu sandungan. Google menyadari hal itu dan mengajak para operator untuk mengusung SIM elektronik ini.

“Untuk saat ini, kami meluncurkan e-SIM pada perangkat Pixel terbaru dengan Project Fi. Kami berharap dapat membagikan apa yang kami pelajari dan bekerja sama dengan mitra industri untuk mendorong adopsi yang lebih luas,” kata Xi. Perlu dicatat, pengguna Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang masih mau pakai kartu SIM konvensional tetap dimungkinkan. Kedua lini menyediakan slot nano-SIM. Kira-kira Indonesia butuh cara tersebut tidak ya? kita lihat saja ke depan.