Kebudayaan Desa Sade Rambitan Lombok


Kamis, 28 September 2017

PAKET LIBURAN LOMBOK – Selain keindahan alamnya yang luar biasa, pulau lombok juga memiliki kebudayaan yang menarik, hal tersebut tampak dari spot-spot desa yang ada di pulau lombok, yang memiliki keunikan beragam. Kali ini kami akan membahas salah satu desa yang menarik yaitu desa Sade, yang terletak di bagian selatan pulau lombok. Kalau dari bandara Lombok kira-kira 11 km, tidak sampai 30 menit perjalanan, cukup dekat bukan?

Penduduk desa sade benar-benar mempertahankan budaya mereka, hal tersebut tampak dari rumah-rumah para penduduk desa sade. Memiliki sekitar 153 rumah tradisional dan 710 penduduk. Pada tahun 1989 Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat telah menetapkan Desa Sade sebagai Desa Wisata dan mayoritas penduduk desa sade adalah muslim.

Kami juga menyediakan paket tour lombok ke desa sade

Untuk membuat rumah adat suku Sasak dibutuhkan antara lain kayu penyanggga, bambu, bedek untuk dinding, jerami dan alang-alang untuk atap, kotoran kerbau atau kuda sebagai bahan campuran pengeras lantai, getah pohon kayu banten dan bajur, abu jerami sebagai bahan pengeras lantai. Penggunaan kotoran kerbau ini berfungsi untuk membersihkan lantai dari debu membuat lantai terasa halus dan lebih kuat. Masyarakat juga percaya bahwa kotoran kerbau tersebut dapat mengusir serangga dan tentunya tidak bau karena sebelumnya telah dijemur.

Kami juga menyediakan paket tour lombok ke desa sade

Sedangkan Interior rumahnya terdiri dari beberapa ruangan. Untuk memasuki ruang dalam Anda harus melewati pintu kayu berukuran kecil dan berbentuk oval. Di dalamnya terdapat 2 tungku untuk memasak menggunakan kayu bakar yang terbuat dari tanah dan menyatu dengan lantai. Ada pula ruang untuk tempat tidur. Dengan desain rumah tersebut, maka pada siang hari anda akan tetap tidak merasa kepanasan sedangkan malam hari akan terasa hangat.

Kami juga menyediakan paket liburan lombok ke desa sade

Seperti biasa para perempuan tidak boleh menikah jika belum bisa menenun kain. Salah satu produk kain tenun yang menjadi ciri khas Lombok adalah kain songket selain itu ada lagi antara lain seperti taplak meja, kain sarung, selendang. Di sana anda dapat langsung melihat proses dan belajar bagaimana membuat kain tenun di Desa Sade yang dimulai dari pemintalan kapas kering menjadi benang. Benang yang telah rapi kemudian akan diberikan perwarna yang berasal dari bahan-bahan alami. Pembuatan kain songket sepanjang 2 meter memerlukan waktu pengerjaan antara dua minggu hingga tiga bulan, tergantung pada tingkat kerumitan polanya dan jenisnya. Untuk hasil tenunan sendiri mereka kumpulkan untuk dijual di art shop koperasi.

Jadi sudah siapkah anda berwisata ke desa Sade? Nikmati paket tour lombok bersama paket liburan lombok