Kerajinan Tenun Songket di Desa Sukarara


Jumat, 08 September 2017

PAKET LIBURAN LOMBOK dan PAKET WISATA LOMBOK – Ada satu desa lagi yang memiliki keunikan di pulau Lombok. Desa Sukarara namanya, terletak cukup dekat dengan Bandara Internasional Lombok, sekitar 19 menit apabila kita tempuh menggunakan kendaraan. Desa tersebut masuk dalam kecamatan Jonggat. Desa yang memiliki identitas kerajinan tenun ini secara turun-menurun di lestarikan oleh warganya, terutama para kaum wanita.

Kerajinan tenun kain songket akan banyak anda temui di sini dan memang kain songket buatan desa ini memang sudah sangat terkenal di mana-mana. Cara membuat sarung songket pun masih menggunakan cara tradisional namun hasil tenunannya memiliki kualitas yang sangat baik dan mengagumkan. Untuk sarung songket sendiri biasanya digunakan untuk upacara adat pada suku Sasak.

paket tour lombok

wisata gili trawangan

paket tour murah lombok

Semakin bagus motif kain songket tersebut makin mahal biaya yang mereka tawarkan. Karenanya proses produksi kain songket Sukarare membutuhkan waktu lama. Bahan pewarna yang digunakan pun sangat alami, antara lain, pohon mahoni, batang jati, biji asam, batang pisang busuk, kulit manggis, dan kulit anggur.

paket wisata lombok

paket liburan lombok

rental mobil mataram lombok

Desa Sukarara sendiri sudah menjadi sentra penghasil songket terbesar dalam Lombok serta telah sampai pasar luar negeri. Tenun songket sebagai kain tenun yang dibuat serta teknik meningkatkan benang pakan juga hiasan-hiasan dari benang sintetis berwarna emas, perak, dan warna lainnya. Hiasan tersebut disisipkan pada diantara benang lusi. Terkadang hiasan berhasil berupa manik-manik, kerang, ataupun uang logam.

Beberapa motif songket yang kita temui antara lain motif Rangrang, motif Keker dan motif Gecko, motif ayam, motif kembang delapan, motif kembang empat, motif tokek, motif pakerot, motif lumbungĀ  dan masih banyak lagi. Di sini selain melihat kain tenun songket, pengunjung juga dapat melihat cara membuat kain tersebut dari proses pembuka pemintalan kapas jadi benang hingga digunakan untuk menenun.

Masalah hargapun bervariasi dari yang berharga 30 ribu rupiah berupa selendang hingga yang berbentuk seperti songket dengan harga hingga jutaan rupiah. Ayo, segera berlibur ke lombok bersama lombok liburanku, agen resmi tour travel lombok yang sudah berpengalaman.