Manakah Yang Lebih Cepat Meningkatkan Kinerja RAM


Senin, 10 Juli 2017

PAKET WISATA LOMBOK – Bagi anda pecinta gamer pasti tidak asing dengan RAM, terlebih lagi upgrade RAM bagi anda yang memiliki budget lebih, tapi pernahkah terlintas di pikiran anda bahwa mana yang lebih baik antara 4 keping RAM 2 GB dengan 2 keping RAM 4 GB?

Berikut adalah artikel yang kami kutip dari jalantikus.com untuk mencari alasannya bahwa kebanyakan komputer dekstop menggunakan memori unbuffered, yaitu jenis memori konvensional yang tidak memiliki register di antara sistem kontroler memori dan DRAM sehingga menyebabkan jenis memori ini memiliki muatan listrik yang lebih besar dan tidak begitu stabil.

Dengan melihat fakta tersebut, pemasangan kepingan RAM dengan jumlah lebih dari dua dapat menyebabkan beban kerja (electrical load) yang ditanggung oleh data bus dan address bus dalam satu waktu menjadi lebih besar.

Seorang ahli hardware dengan nama akun garychase memberikan sebuah contoh bahwa dengan 2 keping RAM 4 GB, komponen bus akan mendapatkan beban kerja sebesar 2 x 16 = 32 beban kerja atau yang disebut electrical load dalam satu waktu. Nah, coba bayangkan jika 4 keping RAM 2 GB, maka berarti komponen bus akan mendapatkan beban kerja sebesar 4 x 16 = 64 beban kerja dalam satu waktu.**

Semakin banyak beban kerja yang ditanggung dalam satu waktu, tentunya dapat berdampak buruk karena kebanyakan sistem pada komputer desktop akan melakukan peningkatan voltase (makin cepat panas) dan pengurangan frekuensi clock memory serta peningkatan latency pada memori untuk menyeimbangkan kemampuan sistem dengan banyaknya beban kerja dalam satu waktu tadi (electrical load).

Jika dilihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan kalau menggunakan kepingan RAM yang lebih sedikit dengan kapasitas yang lebih besar akan sedikit lebih baik karena bisa mengurangi beban kerja pada komponen bus memori tersebut namun jika kalian mempermasalahkan masalah kecepatan, penggunaan 2 keping RAM 4 GB sebenarnya tidak terlalu menghasilkan perbedaan yang signifikan pada peforma komputer kalian jika dibandingkan dengan penggunaan 4 keping RAM 2 GB.

Sudah terjawab bukan? paling tidak bisa menjadikan keputusan anda dalam menentukan RAM. Terima kasih telah mengunjungi website kami. Mau wisata ke lombok? ya lombok liburanku aja.