Merawat Sliding Door


Kamis, 08 Juni 2017

PAKET WISATA LOMBOK – Sekarang memang sudah banyak produsen mobil yang menganut sistem pintu geser, akan lebih mewah maka beberapa mobil mahal menggunakan sistem electrik pada pintu geser tersebut. Di samping memudahkan pengguna dalam keluar masuk pada parkir sempit pintu geser juga memiliki kelebihan yaitu lebih lapang dalam terbuka berbeda dengan pintu konvensional yang sempit.

Di kutip otodriver.com dari tapi di balik kemudahan pintu eletrik bukan berarti pintu jenis ini bebas perawatan. Bahkan bila rusak perbaikannya bisa mahal, terutama yang elektrik. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan jika mobil Anda menganut sliding door. Hari Kohar, Kepala bengkel resmi Mitsubishi Arista Sukses Mandiri menyebut dalam merawat pintu geser yang paling jadi perhatian adalah mekanisme pergerakan pintunya.

Membiarkan pintu terbuka lama bisa jadi mempercepat kerusakan elektrikal, jika demikian maka rawan terjadi kerusakan fitur keselamatan pintu. Berikut adalah 4 langkah merawat pintu geser yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

  1. Perhatikan kondisi rel dan bearing
    Pelumasan sangat diperlukan agar rel dan bearing terhindar dari keausan. Pemberian gemuk mutlak diperlukan, tapi jangan terlalu banyak karena justru dapat membuat debu dan kotoran mudah menempel.
  2. Cek kondisi karet pintu
    Jika karet pintu sobek, maka kotoran jadi mudah masuk dan mengganggu mekanisme pintu geser. Sebelum hal ini terjadi, pastikan keadaanya selalu bersih. Semir ban bisa digunakan pada karet pintu agar kondisinya tetap kenyal.
  3. Hindari membuka pintu dalam waktu lama
    Hal ini bisa membuat karet terbuka lebar dan terekspos ke udara luar yang kotor, sehingga debu rawan hinggap pada mekanisme pintu geser. Jika kotoran dan debu hinggap, tak hanya sulit dibersihkan, beban kerja pintu geser juga bertambah.
  4. Jangan semprot air bertekanan ke rel pintu
    Hal ini bisa saja merontokkan pelumas atau gemuk yang harusnya selalu menempel pada mekanisme pintu geser. Sebaiknya setelah mencuci mobil, cek kembali, apakah gemuknya masih ada atau tidak. Jika tidak, setelah area mekanisme dikeringkan, beri gemuk lagi.

Nah, tidak sulit bukan? tidak ada salahnya anda pemilik pintu geser memberikan perhatian lebih pada sliding door mobil anda, dan tambahan dari saya, hindari jalan banjir karena di khawatirkan hal tersebut mengakibatkan komponen rel bahkan elektrik terkena air yang akan berdampak pada kerusakan rel pintu geser.

Bagi anda yang ingin berwisata ke lombok, jangan lupa hubungi kami, sebagai agent travel liburan lombok.