
PAKET LIBURAN LOMBOK – Selama ini kita apabila berpergian ke lokasi yang baru biasanya kita menggunakan maps dan cukup membantu dalam kita jadikan navigasi, walaupun terkadang kita di arahkan ke jalan yang sangat sempit. Nah, bicara soal maps, ternyata ada teknologi yang lebih advanced yaitu pemetaan jalan, jadi dengan adanya teknologi ini, baik di sisi software dan hardware memungkinkan mobil berjalan sendiri dengan memetakan kondisi jalan baik dari database yang sudah ada maupun pembacaan kondisi di depan secara realtime menggunakan sensor-sensor yang di pasang di mobil tersebut.
Di kutip dari jagatreview.com bahwa pada saat acara CES 2019 Intel menghadirkan mobil otonom dari Mobileye yang telah di akuisisinya. CEO Mobileye saat menunjukkan salah satu produk mereka untuk mobil otonom, EyeQ 5.
Dibuat untuk Mobil Otonom, Cocok untuk “Mengamankan Jalan”. Sudah banyak produk dan teknologi yang digarap oleh Mobileye untuk mobil otonom, yang memungkinkan mobil memiliki suatu sistem yang membantu pengemudi di jalan sampai yang benar-benar bisa menjalankan mobil tanpa campur tangan pengemudi, yang disebut sebagai L1 ~ L5, sesuai tingkat otomatisasi. Menariknya, berbagai produk dan teknologi yang ada itu, bisa dipakai untuk meningkatkan aspek keamanan di jalan raya. Penerapan produk dan teknologi itu ada dalam cakupan Advanced Driver Assistant System (ADAS) yang masuk ke ranah L1 & L2.
Salah satu bentuk penerapan teknologi pendukung mobil otonom untuk keamanan di jalan raya adalah terkait pemetaan objek di sekitar jalan, yang merupakan bagian dari Road Experience Management (REM). Selain bisa digunakan untuk mendukung mobil otonom, peta objek yang dihasilkan bisa digunakan di ADAS. Untuk hal yang satu ini, Mobileye sudah bekerja sama dengan satu badan di Inggris Raya, Ordnance Surveys, untuk melakukan pemetaan jalan raya di negara itu, dengan menggunakan Mobileye 8 Connect.
Satu hal yang perlu ditekankan, “peta” di sini bukanlah sebuah peta biasa, melainkan peta jalan yang sudah dilengkapi dengan info terkait objek-objek yang ada di jalan dan sekitarnya, seperti speed bump/polisi tidur, tiang listrik, papan petunjuk arah, dan lain sebagainya. Informasi di peta kompleks ini bisa dibaca oleh sistem mobil otonom, dan juga ADAS, dan digunakan sebagai petunjuk untuk berbagai hal. Termasuk, yang terkait dengan pengambilan keputusan pendukung keamanan di jalan raya.
Memanfaatkan sebuah sistem yang disebut sebagai Responsibility-Sensitive Safety (RSS), yang sebenarnya merupakan suatu sistem pengambilan keputusan di mobil otonom, yang diintegrasikan ke ADAS, hadirnya peta di REM bisa membantu, misalnya untuk mengurangi kecepatan mobil ke tingkat yang aman melalui sistem Automatic Emergency Braking (AEB) saat ada mobil mendekati polisi tidur. Atau, saat pengemudi kurang konsentrasi dan mengarahkan mobil ke suatu objek di sekitar jalan, sistem bisa juga digunakan untuk mencoba menghentikan mobil sebelum menabrak objek tersebut.