Pesona Lombok Sumbawa


Sabtu, 30 September 2017

Bulan Pesona Lombok Sumbawa resmi dibuka dirangkaikan dengan peluncuran Festival Pesona Moyo di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI, hari Minggu lalu. Pada acara yang dibuka secara simbolis oleh Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan RI, Prof. Dr. Ahman Sya juga ditampilkan kesenian Sumbawa, Sakeco.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Promosi Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sumbawa, Ardian Pranata S.P, Senin, 7 Agustus 2017 kemarin. Dalam kegiatan yang juga dihadiri Kepala Disporapar Sumbawa, Ir. H. Junaidi tersebut juga dipaparkan mengenai kegiatan Festival Pesona Moyo yang bakal digelar 10 September – 9 Oktober 2017.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Ardian Deputi menyatakan akan menjadikan NTB termasuk Sumbawa sebagai destinasi perioritas untuk kunjungan wisatawan mancanegara.
Diketahui, dalam Festival Pesona Moyo tahun ini, beberapa kegiatan/event baru diusung. Termasuk mengakomodir beberapa event festival di Kecamatan. Yang dianggap efektif dan potensial untuk dikembangkan kedepannya.

Sementara ini tercatat 16 event dalam Festival Pesona Moyo 2017. Beberap diantaranya event baru, Kemah Bakti Pelaku Wisata dan Jelajah Wisata Pulau Moyo di Pulau Moyo. Kemudian event kecamatan seperti Rantok 1000 Deneng di kecamatan Maronge dan Pentas Budaya Empang (Raja Kepe) di kecamatan Empang.

Selain kegiatan rutin lainnya, yang dimulai dari pembukaan Pesona Festival Moyo, Pawai Budaya, Ekspo UMKM, Temu Usaha, Main Jaran, Melala (1 Muharram 1439 H), Baap Sampan, Fishing Contest, Gebyar Pesta Jagung, Samawa 10 K, Barapan Kebo dan acara penutupan. Bagi event kecamatan yang belum masuk dalam agenda festival Moyo, maka masuk dalam kalender tahunan pariwisata Sumbawa.

sumber : suarantb.com